Manfaat Donor Darah Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

64 views 9:41 am 0 Comments December 13, 2023

Ada banyak manfaat donor darah yang tidak hanya diterima oleh orang didonorkan saja tetapi pendonor juga akan menerima manfaatnya. Selain mendapatkan manfaat kesehatan, kalian juga turut membantu menyelamatkan nyawa orang.

Aktivitas donor darah merupakan prosedur secara sukarela yang dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang. Darah dari setiap pendonor akan dikumpulkan melalu jarum steril kemudian ditampung dalam kantong steril.

Berbagai Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Donor darah baik bagi kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan aktivitas kemanusiaan secara rutin:

  1. Dapat mendeteksi masalah kesehatan yang serius

    Sebelum bisa mendonor darah, petugas akan melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh terlebih dahulu. Beberapa penyakit serius dapat dideteksi melalui darah, seperti sifilis, human immunodeficiency virus (HIV), hepatitis B, C dan malaria.

    Melalui tes satu ini, manfaat donor darah adalah Anda bisa mengetahui apakah tubuh Anda menderita penyakit serius atau tidak. Tentu saja, jika hasilnya positif, darah tidak boleh didonorkan karena nantinya dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi penerimanya.

  2. Mengurangi risiko kanker

    Dalam kegiatan mendonor harus diperhatikan konsistensinya, mengingat manfaatnya akan selalu dirasakan oleh tubuh. Untuk pria bisa mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali, sedangkan untuk wanita bisa mendonorkan darahnya setiap 4 bulan sekali. Risiko terkena kanker menurun seiring dengan nilai donor yang konstan.

    Anda dapat terhindar dari kanker paru-paru, lambung, tenggorokan, dan usus besar. Ini karena kelebihan zat besi hilang di dalam tubuh. Kelebihan zat besi dikeluarkan dari tubuh melalui donor darah. Artinya, manfaat donor darah mengurangi risiko terkena kanker. Terlalu banyak zat besi dalam tubuh merupakan suatu masalah. Hal ini meningkatkan radikal bebas dalam tubuh. Inilah salah satu risiko penyakit kanker dan masalah penuaan.

  3. Membantu dalam menurunkan kadar zat besi dalam darah

    Zat besi merupakan zat yang terdapat dalam aliran darah setiap orang. Setiap kali seseorang mendonorkan darahnya, aktivitas tersebut terbukti dapat menurunkan kadar zat besi dalam tubuh.

    Mengurangi zat besi berarti mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Zat besi diketahui dapat mempercepat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini berdampak negatif pada arteri.

  4. Pembaruan sel darah secara teratur

    Manfaat donor darah untuk tubuh secara teratur memperbaharui sel-sel yang dikandungnya. Hanya saja ternyata proses ini berbeda antara seseorang mendonorkan darahnya dan tidak. Bagi seseorang rutin mendonor darah, regenerasi sel darah merah terjadi 48 jam setelah melakukan donor.

    Selama waktu ini, volume di dalam tubuh digantikan sepenuhnya dengan yang baru. Setidaknya selama 4 hingga 8 minggu ke depan, sel darah baru akan terbentuk mendukung fungsi setiap organ. Tubuh terlihat jauh lebih segar, sehat, dan efisien dalam melakukan berbagai aktivitas.

  5. Membakar kalori

    Manfaat mendonor ini juga dapat membantu membakar kalori. Mendonor juga membakar kalori dalam tubuh. Hal ini pun menyebabkan berat badan menurun. Ketika orang dewasa mendonorkan sekitar 450 ml darahnya, kalori secara otomatis terbakar. Manfaat donor darah akan membakar 650 kalori.

  6. Menurunkan kadar kolesterol

    Manfaat mendonor secara rutin akan membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Aktivitas mendonor ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ada sebuah penelitian yang menguji hal ini. Diketahui bahwa donor dapat menurunkan kekentalan darah. Ini akan membantu Anda menurunkan kadar LDL.

    LDL merupakan kolesterol yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Contohnya adalah penyumbatan pada aliran darah. Kondisi ini meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, penyakit pembuluh darah lain juga bisa terjadi.

  7. Menurunkan berat badan

    Manfaat donor darah jika Anda mendonorkan sekitar 450 mililiter. Ini setara dengan membakar 650 kalori tubuh. Namun, bukan berarti aktivitas tersebut bisa langsung menurunkan berat badan.

    Anda tetap harus menyeimbangkannya dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Misalnya rutin berolahraga, mengelola stres, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

  8. Menurunkan kadar kolesterol jahat

    Kegiatan mendonor secara rutin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Risiko terjadinya penyumbatan atau plak pada pembuluh darah atau aterosklerosis dapat berkurang dan aliran darah serta organ tubuh dapat tetap berfungsi secara optimal.

  9. Menjaga kesehatan jiwa

    Faktanya, manfaat donor darah membawa lebih dari sekedar manfaat kesehatan fisik. Kegiatan ini menawarkan manfaat kesehatan mental. Anda dapat membantu orang lain dan merasa lebih bahagia sebagai hasilnya. Hal ini akan mendorong untuk menerapkan pola hidup sehat sehingga dapat terus rutin melakukan donor dan membantu orang lain.

Anda dapat mendonorkan darahnya di rumah sakit atau menghubungi langsung Palang Merah Indonesia terdekat dari rumah Anda. Siapapun yang hendak mendonorkan darahnya akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tubuhnya sempurna. Bisa dipastikan Anda akan mendapat pemeriksaan gratis oleh dokter atau ahlinya.

Artinya, pendonor juga mengetahui tekanan darah, kadar hemoglobin, dan berat badan saat ini. Jadi Anda tidak perlu lagi takut untuk mendonor karena ada banyak manfaat donor darah akan didapatkan.