Sejarah Es Krim di Dunia, Kudapan Favorit Banyak Orang

106 views 4:10 pm 0 Comments May 9, 2024
Sejarah Es Krim di Dunia, Kudapan Favorit Banyak Orang

Karena keberadaannya begitu populer, pernahkah Anda penasaran mengenai sejarah es krim? Es krim ialah kudapan favorit masyarakat, mulai dari anak-anak sampai lansia.

Di masa sekarang, varian kudapan tersebut begitu beragam. Sebut saja rasa coklat, vanilla, stroberi, kopi, durian, semangka, anggur, mangga atau lainnya. Lantas, seperti apa awal mula munculnya kudapan ini?

Mengenal Sejarah Es Krim di Dunia

Karena keberadaannya begitu populer pernahkah Anda penasaran mengenai sejarah es krim yang merupakan kudapan favorit masyarakat ini dia sejarahnya

Sebelum keberadaannya populer seperti sekarang dan punya banyak varian, es krim awalnya tentu sangat sederhana. Mari simak seperti apa sejarah perkembangannya di dunia.

1. Bermula dari Zaman Kaisar Nero

Sebenarnya ada banyak perdebatan tentang awal mula sejarah es krim. Salah satunya adalah bermula dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero dari Romawi.

Kaisar Nero memimpin wilayahnya mulai tahun 54 sampai tahun 68. Kaisar Nero memfokuskan kepemimpinannya di bidang diplomasi, perdagangan hingga peningkatan budaya ibu kota kekaisaran.

Di tahun 64 Masehi, rakyat Kaisar Nero sudah menikmati es krim. Masyarakatnya mengonsumsi salju halus ditambah kombinasi buah-buahan termasuk juga madu. Jadi, rasanya begitu manis dan enak.

2. Bangsa Cina Adalah Penemu

Pendapat lain menyatakan jika sejarah es krim justru bermula dari Cina. Menurut pendapat ini, bangsa Cina dianggap menemukan kudapan tersebut pada kisaran tahun 700 M.

Makanan manis dan lezat tersebut tersaji dalam kondisi dingin. Lantas, dijadikan sebagai persembahan oleh Kaisar Tang dan dari Dinasti Shang.

Kaisar Tang ialah sosok yang menyukai kuliner. Kaisar Tang menjadikan para koki di istana bekerja membuatkan es krim menggunakan bahan baku salju.

3. Bermula dari Hubungan Dagang Pihak Cina dengan Italia

Masih ada pendapat lainnya yang tidak kalah menarik, yakni kudapan tersebut bermula dari hubungan dagang pihak Cina dengan Italia. Ketika masa itu, Marcopolo yang menjelajah lautan lantas membawa resep es krim ke negerinya.

Tidak sama dengan resep asli, kudapan khas Italia ada campuran sirup dan es. Makanan unik tersebut lantas menjadi inspirasi bagi koki istana untuk membuat kudapan dengan bahan salju.

Setelah resep aslinya dikembangkan oleh koki asal Italia mengandalkan resep es sirop dari negara tersebut, rasanya semakin enak. Kudapan tersebut yang dibuat menggunakan susu dan krim lantas menjadi lebih manis dan kaya rasa.

Tidak hanya itu, teksturnya juga menjadi lembut layaknya krim. Jadi, terjadi banyak perkembangan resep di Italia sampai rasa dan teksturnya terasa lebih menarik.

4. Berkembang di Eropa

Perkembangan sejarah es krim di Benua Eropa tidak terjadi secara sederhana. Kudapan tersebut baru terkenal ketika Catherine de’Medici dari Italia menjadi istri Duke de Orleans.

Duke de Orleans ialah calon raja Prancis Ketika tahun 1953. Setelah Catherine de’Medici menikahinya, ia banyak memperkenalkan hal baru. Misalnya saja sepatu hak tinggi dan es krim.

Bermula dari pengenalan oleh Catherine de’Medici, kudapan tersebut lantas semakin populer di Eropa, bahkan juga terkenal sampai ke Amerika.

Tidak hanya terkenal ke negara lain, namun jangkauan penikmatnya juga semakin beragam. Tidak hanya kalangan bangsawan yang boleh menikmatinya. Rakyat jelata juga bisa membeli dan menikmatinya.

5. Populer di Amerika Serikat

Sejarah es krim di Amerika Serikat mulai populer Ketika abad ke-19. Lantas, semakin terkenal setelah tercipta mesin pembuat kudapan tersebut. Jadi, sejarahnya cukup berbeda dari negara lain.

Ketika masa itu, gubernur asal Maryland, Amerika Serikat memberi suguhan tamu berupa es krim. Lantas, kudapan tersebut semakin berkembang di Amerika Serikat.

Setelah berselang 76 tahun, muncul toko kudapan tersebut di New York. Itu adalah toko pertama yang menjual kudapan manis tersebut.

Ada pendapat lain yang mengatakan jika awal mula kudapan tersebut masuk ke Amerika ialah dibawa oleh koloni Quaker. Lantas, banyak penjual manisan turut menjual produk tersebut.

Ketika waktu itu, banyak tokoh penting Amerika tertarik menikmati kudapan tersebut. Misalnya saja George Washington, Ben Franklin hingga Thomas Jefferson. Mereka bahkan menjadi pelanggan tetap di toko manisan.

Kudapan ini semakin populer ketika Dolley Madison, istri Presiden James Madison dan Ibu Negara Amerika Serikat memperkenalkannya. Di pelantikan suaminya sebagai presiden. Ia menyajikan kudapan ini untuk tamu.

6. Penjajah Belanda Bawa Es Krim ke Indonesia

Indonesia juga punya sejarah es krim sendiri. Makanan manis dan dingin itu masuk ke Indonesia melalui penjajahan Belanda. Jadi, para penjajah yang membawanya masuk ke Indonesia.

Ketika masa itu, makanan manis dan dingin tersebut termasuk barang mewah. Harganya juga mahal jadi penikmatnya hanya orang-orang Belanda.

Untuk jenis kudapan yang pertama kali ada di Indonesia ialah es krim saloon. Ketika masa itu, makanan tersebut hanya bisa ditemukan di kota besar, misalnya saja Jakarta, Bogor, Bandung, Malang hingga Surabaya.

Es krim ialah makanan penutup favorit banyak orang. Sebelum punya banyak variasi rasa, sejarah es krim menunjukkan awal produknya masih sederhana.