Waspadai 5 Tanda HP di Hack dan Cara untuk Mencegahnya

52 views 6:33 am 0 Comments June 15, 2024
Waspadai 5 Tanda HP di Hack dan Cara untuk Mencegahnya

Waspadai tanda hp di hack, apalagi saat ini banyak cara yang bisa dilakukan hacker untuk bisa meretas perangkat ponsel Anda. Kenali tanda-tandanya dan lakukan langkah-langkah pencegahan agar data pribadi tetap aman.

Ponsel pribadi telah menjadi tempat untuk menyimpan data pribadi, data ini sangat penting dan bersifat rahasia. Oleh karena itu, Anda harus melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk mencegah hacker memanfaatkan data pribadi tersebut untuk keuntungannya sendiri.

5 Tanda HP di Hack yang Harus Diwaspadai

tanda hp di hack yang harus dikenali antara lain terpasang aplikasi tidak dikenal, baterai cepat habis, kinerja melambat, kuota internet cepat habis.

Berkembangnya teknologi tentunya sangat membantu masyarakat namun terdapat oknum-oknum yang menyalahgunakan teknologi, seperti hacker yang sudah mengerti cara kerja teknologi android ini.

Sebelum melakukan beberapa langkah pencegahan, kenali terlebih dahulu tanda-tanda bahwa ponsel terkena hack. Berikut ini beberapa ciri saat HP sudah terkenal hack perlu diwaspadai.

1. Aplikasi tidak dikenal terinstal otomatis

Tanda yang paling umum terjadi adalah tiba-tiba di ponsel Anda terpasang aplikasi tidak dikenal. Biasanya seorang hacker akan menyadap ponsel melalui aplikasi khusus yang dibuatnya.

Aplikasi tersebut disembunyikan olehnya, sehingga ketika Anda menemukan aplikasi aneh yang tiba-tiba terpasang ini bisa menjadi tanda hp di hack. Aplikasi ini biasanya terinstal ketika Anda membuka website sudah terpasang virus malware.

Untuk menghindari, usahakan untuk menghindari situs terlarang atau mengundang konten yang negatif. Jangan berikan celah kepada hacker untuk mencuri data pribadi Anda, karena hacker dapat mencurinya dalam jangka waktu singkat.

2. Baterai cepat habis dan panas

Tanda hp di hack lainnya bisa terlihat dari baterai ponsel yang cepat habis dan panas. Baterai cepat habis bisa disebabkan karena ada aplikasi terinstall oleh hacker dan aktif bekerja di belakang layar.

Sehingga penggunanya tidak menyadari bahwa ponselnya telah berhasil disadap. Aplikasi ini bekerja di belakang layar dan biasanya akan mengirim semua data dari hp. Sehingga baterai ponsel akan lebih cepat habis dan cepat panas.

3. Kuota internet cepat habis

Selain baterai cepat habis, kuota internet yang cepat habis juga bisa menjadi tanda bahwa ponsel sedang diretas. Selain bekerja di belakang layar, biasanya aplikasi dari hacker baru bisa bekerja jika ada sambungan internet.

Oleh karena itu, tidak heran jika kuota internet Anda akan cepat habis karena aplikasi harus melakukan transfer data terus menerus melalui sambungan internet. Jika menemukan tanda hp di hack ini, jangan hubungan ponsel dengan wifi.

Apalagi wifi rumah karena kemungkinan hacker akan mendapatkan akses ke perangkat lain yang menggunakan jaringan sama. Untuk mencegah hacker melakukan penyadapan lebih lanjut, bisa langsung mematikan sambungan data seluler.

4. Kinerja ponsel melambat dan sering muncul iklan pop up

Hp yang sudah terkenal peretasan, lalu lintas datanya akan dimonopoli oleh aplikasi hacker sudah terpasang. Kondisi ini membuat aplikasi lain juga ikut terganggu, beberapa aplikasi yang membutuhkan sambungan internet akan terganggu dan kinerja ponsel semakin lemot.

Salah satu alasan layar ponsel Anda menjadi sangat lambat adalah muncul ikan pop up aneh di layar. Tentu saja munculnya iklan pop up ini akan sangat menganggu dan menguras kapasitas memori RAM.

5. Mendengar suara aneh ketika menerima telepon

Selain mengambil data pribadi, peretas juga biasanya akan menyadap pembicaraan Anda ketika menerima telepon. Salah satu tanda hp di hack saat menerima telepon Anda mendengar suara aneh atau berisik.

Apalagi jika dalam pembicaraan itu Anda sedang membicarakan topik yang sangat pribadi dan sensitif. Suara-suara aneh ini biasanya hanya di dengar pada ponsel yang telah diretas, jadi jika lawan bicara Anda tidak mendengar suara aneh tandanya panggilan tersebut telah disadap.

Jika menemui beberapa tanda tersebut, besar kemungkinan ponsel Anda telah berhasil diretas oleh hacker. Untuk menghentikannya, Anda bisa melakukan factory reset atau mengganti sim card baru.

Langkah Pencegahan Agar HP Tidak di Hack

Hacker sudah memiliki cara-cara cerdik untuk mendapatkan korbannya, untuk itu lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mencegah hacker meretas ponsel Anda.

1. Mengunci perangkat

Langkah pertama yang wajib dilakukan oleh semua orang adalah mengunci perangkat. Ponsel telah melengkapi fitur untuk mengunci layar untuk mencegah seorang tidak dikenal mengaksesnya.

Ada beberapa pilihan penguncian layar seperti pola, PIN, dan juga kata sandi. Beberapa perangkat sekarang juga sudah melengkapi keamanannya dengan fitur face unlock atau fingerprint.

2. Menghindari penggunaan wifi publik

Sebisa mungkin Anda harus menghindari penggunaan wifi publik, menurut laporan yang dirilis kaspersky security network 25 % wifi publik tidak memiliki enkripsi. Kondisi ini membuat para hacker bisa dengan mudah meretas perangkat Anda.

Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan dan terhindar dari tanda hp di hack, lebih baik Anda menggunakan sambungan data seluler pribadi.

3. Menggunakan VPN

Jika terpaksa menggunakan jaringan internet di publik, Anda bisa tetap melindungi perangkat Anda dengan menggunakan VPN. VPN ini bekerja dengan menyamarkan alamat IP dengan cara tunneling.

Jadi dengan menggunakan VPN, Anda bisa mengakses serta melihat konten dengan mudah dan aman karena terdapat tambahan enkripsi data dikirim kemudian diterima agar dapat mencegah serangan man in the middle.

Jika sudah terlanjur muncul tanda hp di hack, segera ganti semua password akun email, chat, sosmed hingga game. Apalagi Anda memiliki aplikasi banking segera ganti PIN. Hindari penggunaan nama sendiri dan tanggal lahir sebagai password.