Tren Digitalisasi Bisnis dalam Ruang Lingkup Global

48 views 3:32 am 0 Comments January 8, 2024

Memahami tren digitalisasi bisnis merupakan hal wajib karena di zaman sekarang peran internet sudah sangat terasa dan berpengaruh. Dengan terjun ke dunia digital juga pasar bisa diraih lebih luas, bahkan beberapa usaha tidak membutuhkan sewa tempat khusus.

Apapun jenis usahanya jika tidak pandai melihat trend dan enggan membuat perubahan sesuai zamannya maka akan mudah ditenggelamkan para pesaing. Lamanya usaha tidak menjadi jaminan lebih unggul dibandingkan perusahaan baru sekalipun.

Memahami Lebih Jauh Tentang Tren Digitalisasi Bisnis

Untuk mengenali digitalisasi bisnis, terlebih dahulu mari pahami apa yang dimaksud dengan digitalisasi bisnis itu sendiri, Istilah ini digunakan untuk menyebutkan peranan teknologi digital yang mengubah sistem internal perusahaan dari sektor apapun. Contohnya, perubahan akses data yang tidak perlu mengharuskan untuk cetak kertas lagi, namun cukup menggunakan komputer saja.

Nantinya setiap pegawai akan diberikan akses untuk membuka dan mengedit dokumen tersebut tanpa perlu kirim email lebih dulu, Data internal ini hanya boleh diakses oleh tim atau divisi yang berwenang, sementara sisanya tidak boleh diberi tahu kata kuncinya. Apalagi kalau sampai bocor ke pihak eksternal atau pihak dari luar perusahaan maka harus ada regulasi dan sanksi tegas dari perusahaan.

Berbagai data perusahaan yang bisa mengikuti tren digitalisasi bisnis beragam, bisa data administrasi, keuangan, SDM, juga proposal kerjasama. Agar bisa sampai ke tahap ini, perusahaan biasanya bekerja sama dengan ahli IT dengan melakukan kontrak kerja khusus.

Itu tadi bentuk digital dari internal perusahaan, sekarang mari tengok juga bentuk eksternalnya, seperti pembuatan situs. Informasi terkait perusahaan bisa lebih mudah diakses oleh masyarakat luas melalui adanya publikasi di situs resmi perusahaan.

Trik Melakukan Digitalisasi Bisnis

Terjun ke dunia digital merupakan salah satu upaya untuk bersaing dengan zaman dan kompetitor. Namun, asal terjun saja bisa menjadi bumerang dan merugikan bisnis. Butuh strategi tepat agar setiap langkah yang dilakukan menjadi tepat sasaran.

  • Menentukan Tujuan Digitalisasi

    Hal pertama yang menentukan keberhasilan mengikuti tren digitalisasi bisnis adalah mengetahui tujuannya untuk apa. Dengan adanya tujuan yang jelas maka otomatis lebih terarah juga setiap strategi dan eksekusi yang dilakukan di lapangan.

  • Menentukan Lingkup Bisnis

    Menentukan lingkup bisnisnya, sebenarnya ini tidak sulit untuk perusahaan lama karena sudah jelas lingkupnya apa. Penentuan lingkup bisnis ini nantinya berpengaruh terhadap penentuan strategi SEO pada situs supaya situs perusahaan lebih mudah ditemukan.

  • Pemanfaatan Data dan Tools

    Pemanfaatan data dan tools harus sesuai dengan kebutuhan, ini tentunya wajib melibatkan profesional terpercaya. Pastikan bekerja sama dengan pihak yang komunikatif serta mampu membuat suasana kerja sama menjadi lebih kondusif.

  • Membuat Strategi Akurat

    Trik berhasil mengikuti tren digitalisasi bisnis lainnya adalah menciptakan strategi akurat untuk memastikan perusahaan dikenal luas oleh pengguna internet. Nantinya strategi ini beririsan dengan SEO, kata kunci, penulisan konten, juga termasuk strategi marketing.

    Terutama untuk perusahaan baru membutuhkan usaha lebih besar sebab nantinya bukan hanya promosi, tetapi juga branding. Ada situs statis yang isinya hanya profil perusahaan, ada situs dinamis yang isinya menggerakkan pengguna, seperti situs jual beli daring.

Manfaat Penting Digitalisasi Bisnis

Mengikuti trend bukan sekadar ikut-ikutan belaka, namun tentunya ada serangkaian manfaat bisa diperoleh perusahaan. Dalam hal ini berbagai manfaat yang dimaksud meliputi beberapa poin berikut;

  1. Membuat Pemasaran Lebih Mudah

    Manfaat pertama dari mengikuti tren digitalisasi bisnis adalah membuat kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah. Tanpa membuka toko di satu titik, bisnis bisa tersebar luas ke seluruh Indonesia, bahkan luar negeri berkat adanya koneksi internet.

  2. Mengurangi Beberapa Biaya

    Beberapa biaya bisa ditiadakan, seperti penyebaran pamflet, brosur, spanduk, bahkan sampai biaya sewa ruko. Pemangkasan biaya ini bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya yang lebih bermanfaat, seperti tambah stok barang atau tambah biaya promosi.

  3. Penyimpanan Dokumen Lebih Rapi

    Penyimpanan dokumen jadi lebih rapi dalam waktu singkat, seperti tersimpan dalam folder dan diurutkan berdasarkan kategori tertentu. Keputusan untuk mengikuti tren digitalisasi bisnis ini hanya akan berhasil apabila karyawannya juga melek digital.

  4. Memudahkan Pekerja dan Konsumen

    Untuk bisnis yang berhubungan dengan jual beli maka jelas peranannya penting untuk memudahkan pekerja dan konsumen. Keduanya tidak perlu berada pada satu tempat agar bisa melakukan transaksi jual beli atau melakukan riset dan tawar-menawar barang.

  5. Analisis Bisnis Lebih Praktis

    Transparansi bisnisnya lebih terlihat jelas dan mengurangi kemungkinan pemalsuan laporan. Sebab arus transaksi bisa terlihat jelas melalui situs secara langsung. Ini artinya penilaian keberhasilan maupun evaluasi yang harus dilakukan menjadi lebih praktis.

Berbagai manfaat di atas menjadi alasan kenapa perusahaan harus melek digital pada zaman sekarang. Mampu mengikuti tren digitalisasi bisnis dengan baik artinya memiliki peluang untuk lebih unggul dari para pesaing dari bidang sejenis.