Ternyata Ini Manfaat Jalan Kaki Pagi Jika Rutin Dilakukan

164 views 2:59 am 0 Comments October 26, 2023

Ternyata ada beberapa manfaat jalan kaki pagi yang tidak banyak diketahui orang. Jalan kaki adalah kegiatan yang sering diremehkan orang – orang, padahal manfaatnya sangat banyak dan jika rutin dilakukan, pasti mampu menghilangkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh.

Jalan kaki memang sangat umum dilakukan, sehingga terkadang tidak dijadikan kegiatan olahraga sehari – hari. Namun jika dibandingkan lari sebagai olahraga kardio, jalan kaki dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, tapi tidak membebani tubuh dengan aktivitas berat.

Jika Anda suka jalan kaki, sebaiknya lakukan saat pagi hari untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik. Jika sebelumnya tidak pernah tahu manfaat dari kegiatan ini, coba pahami penjelasan lebih detail berikut ini.

Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Saat pagi hari, udara masih terasa segar, sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Jika Anda tidak suka dengan gerakan olahraga rumit dan berat, coba lakukan jalan kaki setiap pagi untuk mendapatkan beberapa manfaat hebat berikut ini.

  1. Menurunkan Berat Badan

    Menurunkan berat badan adalah salah satu manfaat jalan kaki pagi yang sering diketahui oleh orang – orang. Banyak penelitian menemukan bahwa kegiatan ini dapat membakar kalori lebih baik dan cepat dibandingkan lari, karena langsung membakar lemak di dalam tubuh.

    Meskipun hasilnya tidak langsung terlihat, namun jika rutin dilakukan setiap hari pasti akan terasa perbedaannya. Dibandingkan lari, kegiatan ini tidak terlalu berat dilakukan, sehingga tubuh melakukan pembakaran kalori menggunakan sumber lemak dalam tubuh.

  2. Menyehatkan Jantung

    Kegiatan ini juga dapat menyehatkan jantung, terutama saat dilakukan pagi hari. Alasannya adalah karena jantung memompa darah dengan baik selama Anda berjalan. Tekanan darah yang tinggi juga akan menurun, karena tubuh akan mengontrol tekanan darah tersebut.

    Bagi orang – orang yang memiliki masalah jantung, biasanya dokter meminta untuk jalan kaki sebagai salah satu cara menurunkan masalah pada jantung. Hal ini memang benar adanya, karena kegiatan berjalan dapat membuat jantung berfungsi kembali seperti saat normal.

  3. Meningkatkan Sistem Imun

    Manfaat jalan kaki pagi lainnya adalah meningkatkan sistem imun pada tubuh, karena tubuh dikondisikan sehat saat melakukannya. Dengan peningkatan sistem imun tubuh, Anda tidak mudah terserang penyakit seperti flu, batuk, demam dan berbagai penyakit lainnya.

    Sistem imun tubuh sebenarnya bisa dijaga menggunakan suplemen penjaga sistem imun tubuh. Namun lebih baik lagi jika sistem imun dapat dibangun sendiri melalui kegiatan – kegiatan bermanfaat seperti olahraga secara teratur.

  4. Mengurangi Penuaan Tulang

    Kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengurangi penuaan pada tulang. Bagi orang tua, tulang adalah bagian tubuh yang cukup rapuh meskipun secara fisik terlihat sangat kuat. Semakin tua, tulang juga ikut mengalami penuaan, sehingga mudah terasa sakit di berbagai bagian.

    Namun dengan melakukan jalan kaki, penuaan pada tulang setidaknya bisa dihindari, karena Anda akan melatih semua organ dan bagian tubuh lainnya menjadi lebih kuat. Bagi orang tua, kegiatan ini penting dilakukan secara rutin agar tidak ada aktivitas lainnya yang terhambat.

    Manfaat jalan kaki pagi ini tidak hanya berlaku pada orang tua, namun juga anak – anak muda. Hal ini karena masalah pada tulang kini juga menyerang anak – anak muda.

  5. Mengurangi Sakit Sendi Dan Otot

    Sakit sendi dan otot juga dapat berkurang ketika Anda berjalan. Sakit pada sendi dan otot bisa terjadi pada siapa saja, sehingga menyebabkan bagian tubuh lainnya terasa kaku dan sulit bergerak. Saat mengalami masalah ini, coba rutinkan jalan pagi agar kesehatan sendi membaik.

    Manfaat jalan kaki pagi ini tentunya juga berguna bagi atlet yang sering mengalami cidera otot. Meskipun awalnya terasa sangat sakit saat berjalan, namun jika rutin pasti sakit pada otot mulai hilang dan memulihkannya kembali.

  6. Mengurangi Kadar Gula

    Selain dapat mengurangi lemak, jalan kaki saat pagi juga dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh. Jadi saat berjalan, kalori dari lemak mulai terbakar. Lalu jika kalori dari lemak tersebut sudah habis, maka kadar gula adalah yang selanjutnya mengalami pembakaran.

    Oleh karena itu kegiatan ini sangat ampuh menurunkan berat badan secara maksimal. Namun manfaat jalan kaki pagi ini yang utama adalah untuk menghindari penyakit diabetes. Itu sebabnya kegiatan ini penting dilakukan oleh orang yang memiliki gejala diabetes.

  7. Mengurangi Stress

    Manfaat lainnya adalah dapat mengurangi stress. Jika Anda sering mengalami stress karena kerja atau pendidikan, coba lakukan kegiatan ini secara rutin di pagi hari, agar dapat memulai hari dengan semangat baru.

    Dengan beberapa manfaat tersebut, tentu Anda akan mudah mendapatkan kesehatan tubuh tanpa harus menggunakan alat – alat olahraga lainnya. Setelah mengetahui manfaat jalan kaki pagi tersebut, mungkin Anda akan lebih semangat lagi jalan kaki saat pagi hari.