Mengenal Olahraga Air Berkano serta Beberapa Persiapannya

18 views 5:00 am 0 Comments February 11, 2024

Olahraga air berkano mungkin belum banyak orang mengenalnya karena namanya kurang populer. Namun jika menyebut nama arung jeram, mendayung, berperahu, pastinya Anda sekalian sudah mengetahuinya. Wajar saja karena

kegiatan di air tersebut sudah terkenal di tengah masyarakat. Berbeda dengan Anda yang sudah menggeluti dan menyukai berbagai jenis olahraga air khususnya beraktivitas di arus deras. Canoeing atau berkano menjadi salah satunya yang sangat menarik untuk diketahui sekaligus mencobanya. Oleh karenanya, tidak ada salahnya mengenal lebih dekat olahraga air berkano.

Mengenal Canoeing Lebih Dekat

Sebelum mengetahui perihal informasi olahraga air Canoeing lebih jauh, tidak ada salahnya mengenal Canoeing terlebih dulu. Anda mungkin masih kurang familiar dengan Canoeing atau Kanoing, tetapi tidak dengan berperahu atau berkano. Pada intinya, memang kegiatannya menaiki sebuah perahu berjenis Cano di aliran sungai. Mulai dari arus tenang hingga arus sungainya deras menjadi tantangan tersendiri bagi para penghobi atau atletnya.

Perahu Cano pada awalnya terbuat dari pahatan kayu berbentuk cekung dan melengkung. Jenis perahu tersebut banyak dipakai oleh suku Indian sebagai masyarakat asli Benua Amerika. Mereka menggunakan perahunya untuk menyusuri sungai sambil mencari ikan, mengejar buruan, hingga berperang.
Seiring perkembangan zaman, perahu Cano bisa dibuat dari bahan semi plastik dan logam seperti produk yang beredar sekarang di pasaran.

Sementara itu, menaiki perahunya sudah tidak lagi untuk mencari ikan atau berburu di aliran sungai. Namun, berperahu Canoeing lebih untuk menyalurkan hobi sambil berolahraga di aliran sungai. Bahkan, jenis olahraga air berkano sudah diakui oleh dunia internasional yang diperlombakan di kompetisi profesional. Para atletnya bukan hanya dari pria saja yang mendominasi, tetapi juga wanita.

Selain itu, anak-anak dan remaja juga mulai belajar dan berlatih Canoeing karena sangat cocok untuk mengisi waktu luang mereka terutama yang suka berolahraga ekstrem di arus deras. Anda mungkin tertarik untuk mencoba olahraga air yang satu ini. Namun sebelum melakukan dan mempraktikkannya, harus menyiapkan segala sesuatunya dengan benar. Tidak hanya skill atau keahlian mendayung saja, tetapi juga lainnya.

Persiapan Sebelum Melakukan Olahraga Air Berkano

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa ada beberapa persiapakan harus dilakukan sebelum melakukan Canoeing. Jenis olahraga air menggunakan perahu Cano yang membutuhkan keseimbangan tubuh dan dibiasakan.

Selain keahlian berperahu, masih ada persiapan lainnya terutama pada segi peralatannya. Lalu, apa saja persiapan sebelum mempraktikkan olahraga air berkano? Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda sekalian.

  1. Mampu Berenang

    Berenang merupakan keahlian dasar dalam setiap olahraga air, tidak terkecuali berkano. Tanpa keahlian tersebut, Anda yang melakukannya tidak akan tenggelam saat Canoeing di sungai terutama pada arus deras.

    Oleh karenanya, Anda harus bisa berenang terlebih dulu sebelum berkano. Meskipun dalam praktiknya dilengkapi jaket pelampung, tetap saja keahlian berenang sangat penting dimiliki oleh peserta atau atlet Canoeing.

    Jika belum bisa berenang, Anda tidak boleh sendirian saat canoeing. Harus ada orang lain sebagai pendampingnya yang lebih profesional dan berpengalaman di olahraga ini.

  2. Peralatan Harus Lengkap

    Persiapan olahraga air berkano yang satu ini tidak bisa diganggu gugat dan harus dipakai oleh para pesertanya. Selain lengkap, peralatannya juga harus berstandar profesional. Dengan begitu, jaminan aman dan nyaman saat melakukan berkano memang benar-benar Anda rasakan.

    Beberapa peralatan pentingnya, antara lain helm untuk penutup kepala, jaket pelampung, sepatu karet khusus, serta dayung. Pastinya kapal Cano sesuai standar dan ukuran untuk digunakan dalam berkano. Kapal tersebut bisa dipakai oleh satu atau dua orang sesuai spesifikasinya.

    Meskipun hanya sebatas berolahraga biasa atau mencari hiburan dalam berwisata. Pemakaian alat lengkap serta berstandar semacam itu tetap direkomendasikan untuk dipakai oleh semua pesertanya.

  3. Menguasai Teknik Canoeing

    Anda juga harus menguasai teknik-tekniknya sebelum mempraktikkan olahraga air berkano. Teknik dasarnya, yaitu mendayung dengan menggunakan alat dayung yang berfungsi untuk menjalankan Canonya. Jadi, perahu Cano bisa melaju ke depan, samping, belakang, dan berhenti hanya dengan mendayungnya.

    Selain teknik dayung, juga posisi tubuh saat menaiki perahunya tidak boleh disepelekan. Keseimbangan tubuh sangat penting agar Cano tidak berputar hingga terbalik. Oleh karenanya, Anda yang menaikinya harus lebih fleksibel terutama tubuh bagian tengah ke atas.

  4. Mengenal Medan Aliran Sungai

    Persipan terakhir olahraga air berkano, yaitu harus mengenal terlebih dulu medan aliran sungai yang akan dilewati. Anda yang mempraktikkan Canoeing perlu mencari tahu lebih detail perihal sungai tersebut. Mulai dari panjang alirannya, level debit airnya, hingga kondisi jeramnya yang biasanya disebut dalam grade.

    Setelah mengetahuinya, Anda bisa mempelajarinya beberapa saat untuk merencanakan kegiatan berkanonya. Jadi, kegiatannya tetap harus direncanakan secara matang agar terjamin kenyamanan serta keselamatannya. Tidak boleh sembarangan apalagi tanpa persiapan yang mencukupi.

Jadi, ada begitu banyak jenis dan macam khusus olahraga air. Salah satunya Canoeing seperti yang dibahas diatas. Anda yang penasaran ingin mencoba olahraga air berkano bisa mencari tempat latihannya sekarang juga.