Ini Kelebihan Mobil Listrik, Simak Penjelasannya

84 views 3:09 am 0 Comments November 9, 2023

Tidak sedikit orang masih bertanya-tanya mengenai kelebihan mobil listrik. Karena pemerintah Indonesia terus berusaha meningkatkan pengguna mobil listrik di Indonesia. Karena sampai sekarang ini, bisa dikatakan jumlah penggunanya belum terlalu banyak.

Walaupun mungkin sudah mendapatkan banyak sekali kemudahan dari pemerintah ketika menggunakan kendaraan listrik. Padahal tujuannya sudah sangat jelas yaitu untuk mengurangi polusi udara akibat emisi gas buang.

Beberapa kota besar di Indonesia memang memiliki polusi udara cukup tinggi. Hal ini tentunya bisa menjadi masalah serius ketika dibiarkan terus-menerus. Salah satu cara yang ditempuh oleh pemerintah yaitu mengajak masyarakat menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

Beberapa Kelebihan Mobil Listrik yang Bisa Pengguna Rasakan

Sampai sekarang ini masih ada cukup banyak orang belum merasa yakin untuk berpindah dari mobil konvensional. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor dari mulai infrastruktur sampai kualitasnya sendiri.

Akan tetapi sebenarnya kendaraan dengan motor penggerak listrik ini menawarkan banyak sekali keunggulan atau kelebihan. Berikut beberapa kelebihan mobil listrik yang akan Anda dapatkan.

  1. Biaya operasional lebih rendah

    Kelebihan mobil listrik pertama yaitu biaya operasional menjadi lebih rendah. Hal tersebut bisa didapatkan karena memang biaya untuk membayar listrik akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan bensin atau solar.

    Ini tentunya sangat menguntungkan, selain bisa membantu mengurangi polusi udara tetapi juga bisa berhemat. Oleh karena itu, orang-orang yang sudah memahami hal ini biasanya tidak perlu waktu lama untuk membeli kendaraan listrik.

    Pada umumnya kendaraan listrik itu mampu menempuh jarak 8,5 km menggunakan daya 1 kwh. Sementara itu ketika menggunakan pensil, 1 liter bensin biasanya akan menempuh jarak 10 km.

    Sementara itu harga 1,2 sampai 1,3 kwh itu hanya sekitar 3.000 saja. Itu artinya dengan mengeluarkan uang Rp3.000 Anda bisa memperoleh jarak tempuh sama seperti 1 liter bensin.

  2. Lebih ramah lingkungan

    Masalah polusi udara memang banyak menghantui kota-kota besar di Indonesia. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut semakin memburuk menggunakan mobil listrik bisa menjadi pilihan paling tepat.

    Salah satu alasannya sudah jelas karena kelebihan mobil listrik yaitu lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil konvensional. Dimana mobil konvensional itu menghasilkan emisi gas buang dan ini sangat berpengaruh terhadap polusi udara di kota-kota besar.

  3. Suaranya tidak bising

    Dalam hal suara, kendaraan listrik benar-benar unggul dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Bisa dikatakan hampir tidak terdengar suaranya sama sekali.

    Tentu saja ini akan membuat Anda lebih nyaman ketika mengendarainya. Secara tidak langsung ini juga bisa meningkatkan keamanan dalam berkendara karena bisa fokus untuk mengemudi dengan baik.

  4. Pajak lebih murah

    Selain bisa menghemat biaya pengeluaran, kelebihan mobil listrik ini juga akan membuat Anda mendapatkan pajak lebih murah. Ini adalah salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menarik minat masyarakat membeli kendaraan listrik.

    Tentu saja dengan adanya pengurangan biaya pajak akan membuat Anda jauh lebih hemat. Jadi bisa dipastikan bahwa biaya pengeluaran akan menjadi jauh lebih hemat untuk masalah kendaraan.

  5. Minim perawatan

    Kelebihan mobil listrik berikutnya yaitu sangat minim dengan perawatan. Berbeda dengan mobil konvensional yang membutuhkan perawatan ekstra contohnya yaitu penggantian oli berkala.

    Ketika menggunakan kendaraan listrik Anda tidak perlu melakukannya. Bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada perawatan rutin, jadi benar-benar sangat praktis untuk digunakan.

  6. Pengisian dapat dilakukan di rumah

    Untuk pengisiannya sendiri juga bisa dilakukan di rumah. Bahkan pengisian baterai ini bisa dikatakan sangat efektif. Karena dalam satu kali pengisian saja Anda bisa langsung menempuh jarak hingga ratusan km.

    Jadi kendaraan listrik ini juga bisa digunakan untuk menempuh perjalanan luar kota. Apalagi sekarang infrastrukturnya sudah semakin baik, jadi ketika ingin mengisi ulang baterai juga bisa ditemukan di berbagai macam tempat dalam perjalanan.

  7. Bebas ganjil genap

    Di beberapa kota besar itu memperlakukan peraturan ganjil genap. Tentu saja Ini memaksa seseorang memiliki dua mobil ketika hanya menggunakan mobil konvensional.

    Akan tetapi ini tidak akan menjadi masalah untuk Anda ketika menggunakan mobil listrik. Karena Anda akan membuat Anda terbebas dari aturan tersebut.

    Jadi hanya dengan satu mobil saja sudah cukup tanpa harus memiliki dua mobil dengan plat nomor berbeda. Bisa dikatakan mobil listrik ini adalah solusi paling tepat ketika memang ingin menghindari aturan ganjil genap.

    Walaupun memiliki banyak sekali keunggulan bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Salah satu masalah yang mungkin muncul yaitu mengenai sampah baterai yang bisa memberikan masalah tersendiri untuk lingkungan.

Sepertinya memang sangat cocok jika mengatakan mobil listrik ini adalah mobil masa depan yang jauh lebih ramah lingkungan. Dengan berbagai macam kelebihan mobil listrik, kemungkinan besar dalam beberapa tahun ke depan penggunanya akan semakin banyak di Indonesia.