Formasi CPNS 2024 Dibuka Jokowi, Simak Syarat dan Mekanisme

51 views 4:47 am 0 Comments January 15, 2024

Umumnya formasi CPNS 2024 menjadi salah satu informasi, yang banyak masyarakat butuhkan. Seperti yang Anda tahu bahwa setiap tahunnya ada pembukaan pendaftaran untuk posisi pegawai negeri sipil di Indonesia.

Tentu saja informasi ini menjadi salah satu peluang menguntungkan bagi masyarakat pencari kerja. Sehingga nantinya masyarakat bisa memperoleh peluang pekerjaan di pemerintahan melalui rangkaian seleksi tersebut.

Informasi Formasi CPNS 2024 Terbaru, Langsung Daftar Sekarang

Setiap tahun selalu tercipta lulusan baru dari berbagai jurusan, universitas sampai sekolah menengah atas di Indonesia. Sehingga setiap tahun permasalahan lapangan kerja menjadi bahan perbincangan masyarakat. Banyaknya jumlah lulusan baru setiap bulannya tidak sejalan dengan lapangan kerja tersedia. Oleh sebab itu pembukaan lowongan bagi para CASN ini menjadi kabar baik bagi semua orang.

CASN merupakan pembukaan lowongan bagi Calon Aparatur Sipil Negara. Pembukaannya dilakukan setiap 1 tahun sekali dengan jumlah porsi berbeda. Hal tersebut menyesuaikan pada posisi yang tersedia. Anda dapat mencoba melamar di formasi CPNS 2024, yang sudah resmi terbuka. Presiden menjelaskan pembukaan posisi tersebut pada tanggal 9 Januari 2024. Setidaknya ada 2,3 juta posisi, yang bisa masyarakat coba di pendaftarannya.

Untuk posisi utamanya pada tenaga pendidikan, seperti dosen dan guru. Namun banyak posisi bagi tenaga kesehatan, tenaga teknis serta profesi lain sesuai kebutuhan. Salah satu hal baik datang bagi para lulusan baru atau biasa Anda sebut sebagai fresh graduate. Presiden kembali menuturkan bahwa para lulusan baru nantinya akan mendapatkan porsi lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

Fakta jumlah porsi bagi para lulusan baru tentunya menjadi salah satu kabar baik, yang pastinya memberikan keuntungan lebih besar. Di tahun ini para lulusan baru mendapatkan jatah sekitar 690 ribu orang pada keseluruhan posisi. Posisinya tersebar pada 483.000 instansi daerah serta 207.000 instansi pusat. Di tahun ini terdapat PPPK, yang menjadi bagian penataan non-ASN di bawah BKN sesuai UU Tahun 2023 No. 20 mengenai ASN.

Formasi CPNS 2024 Ketahui Syarat Pendaftarannya

Tahun ini ada banyak lowongan bagi pelamar CASN dalam berbagai instansi. Sehingga menjadi salah satu peluang menguntungkan, yang tidak boleh dilewatkan. Sama seperti tahun sebelumnya tentu ada beberapa persyaratan, yang wajib diketahui. Aturan ini perlu Anda perhatikan sebagai salah satu syarat pendaftaran. Umumnya syarat pendaftaran tersebut bisa berbeda menyesuaikan instansi masing-masing.

Syarat formasi CPNS 2024 pertama adalah pelamar berstatus sebagai WNI dan tidak pernah mendapat hukuman pidana 2 tahun atau lebih. Pelamar tidak pernah mendapatkan pemberhentian secara tidak hormat dari jajaran pegawai swasta, Polri, TNI dan PNS. Pelamar tidak berasal dari PNS, TNI, Polri atau CPNS. Salah satu hal penting lain adalah pelamar bukan merupakan anggota partai politik.

Berstatus sebagai pegawai negeri sipil membuat Anda memiliki beberapa batasan tertentu. Sehingga anggota atau pengurus partai tidak bisa mendaftar dalam formasi CASN. Syarat berikutnya adalah individu memenuhi kualifikasi baik pendidikan atau jabatan sesuai posisi. Berikutnya Anda wajib memenuhi syarat sehat baik rohani dan jasmani sesuai kebutuhan posisi. Selain syarat umum, nantinya Anda  perlu memenuhi beberapa kebijakan sesuai kebutuhan jabatan.

Hal ini bisa berbeda dan memiliki beberapa penambahan persyaratan. Setelah menjadi CPNS Anda harus bersedia untuk bekerja di semua wilayah NKRI. Bisa bertempat kerja di instansi pemerintah, daerah atau negara sesuai kebutuhan. Syarat usia pelamar adalah 18 – 35 tahun terkecuali instansi kesehatan, seperti dokter spesialis, pendidik klinis dan lainnya. Dimana beberapa profesi profesional tersebut bisa lebih dari 40 tahun.

Formasi CPNS 2024 Simak Mekanismenya

Setelah memahami syarat dan kebutuhan melamar dalam lowongan CASN terbaru, Anda harus memahami mekanisme pendaftarannya. Biasanya setiap tahun mekanismenya bisa berbeda. Belajar dari pengalaman pendaftaran di tahun sebelumnya, selalu ada prosedur baru yang perlu diperhatikan. Oleh sebab itu pastikan update terhadap semua informasi mengenai regulasi pelaksanaan pendaftaran tahun ini.

Untuk mekanismenya dapat dilihat dalam surat edaran resmi, yang sekarang belum muncul. Namun setiap instansi memiliki kebijakan tersendiri. Oleh sebab itu pelamar bisa mengakses website instansi untuk memastikan infonya. Untuk formasi CPNS 2024 terdapat 1 metode resmi, silahkan akses website resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id. Selanjutnya buat akun di website memakai NIK masing-masing.

Langkah berikutnya Anda perlu masuk pada website memakai NIK, yang menjadi username serta password. Peserta perlu melengkapi data diri sebagai salah satu syarat kelengkapan biodata . Jika sudah pilih jenis posisi, yang Anda inginkan. Pilih formasi sesuai jabatan, instansi dan syarat pendidikan agar memberikan peluang lolos seleksi administrasi. Berikutnya silahkan melengkapi data pendidikan dan lakukan unggah dokumen.

Lakukan pemeriksaan semua dokumen dan cetak kartu pendaftaran sekaligus kartu informasi. Disini hanya perlu menunggu hasil dari verifikator mengecek pendaftaran Anda. Jika hasil seleksi Anda lulus, maka cetak kartu ujian melalui akun SSCASN. Nantinya Anda hanya perlu mengikuti rangkaian seleksi pendaftaran. Kesempatan bergabung dalam staf kementerian dan pegawai negeri menjadi impian banyak orang. Formasi CPNS 2024 menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat.