Cara Menghilangkan Papiloma dengan Ampuh Secara Alami

51 views 4:26 am 0 Comments March 24, 2024
cara-menghilangkan-kutil-dengan-bahan-alami

Sebelum membahas cara menghilangkan papiloma secara alami, tahukah Anda apa itu papiloma? Anda mungkin lebih familiar dengan istilah “kutil”, atau benjolan kecil yang tiba-tiba tumbuh di permukaan kulit.

Papiloma umumnya tidak berbahaya, namun kemunculannya bisa sangat memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri Anda. Banyak orang menggunakan berbagai cara untuk menghilangkan benjolan kecil tersebut.

Tidak hanya mengganggu penampilan, munculnya papiloma di wajah terkadang membuat Anda tidak nyaman. Papiloma tidak hanya muncul di wajah. Benjolan kecil ini bisa muncul di bagian tangan, leher, atau bagian tubuh lainnya.

Berbagai Cara Menghilangkan Papiloma Secara Alami

kutil-atau-fibroma

Jika Anda memiliki papiloma atau kutil di kulit yang masih tergolong ringan, Anda bisa menghilangkannya dengan perawatan mandiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Berikut bahan-bahan bisa Anda gunakan:

  1. Kapur Sirih

    Cara menghilangkan kutil ini secara alami adalah dengan kapur sirih. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan kapur sirih untuk menghilangkan papiloma dapat menyebabkan kulit terbakar.

    Oleh karena itu, hindari penggunaan kapur sirih terlalu sering untuk mencegah terjadinya iritasi. Berikut langkah-langkah penggunaan kapur sirih untuk menghilangkan papiloma.

    Campurkan kapur sirih dengan cairan pencuci piring dan oleskan pada kulit dan biarkan selama beberapa jam hingga mongering. Kemudian ulangi proses tersebut selama beberapa hari hingga kutil terlepas dari jaringan kulit.

  2. Tanaman herbal

    cara menghilangkan papiloma lainnya adalah dengan menggunakan tanaman herbal. Tanaman herbal apa yang bisa digunakan untuk menghilangkan papiloma?. Echinacea atau biasa dikenal dengan coneflower ungu. Tanaman herbal ini bisa digunakan sebagai suplemen untuk mengurangi kutil.

    Selain suplemen makanan, Echinacea juga tersedia dalam bentuk teh. Ficus carica atau pohon ara juga disebut-sebut dapat membantu mengurangi penularan kutil. Selain biasa dikonsumsi, kemangi juga memiliki khasiat antivirus. Oleh karena itu, kemangi cocok untuk menghilangkan human papilloma virus.

    Caranya, sediakan beberapa lembar daun kemangi lalu haluskan. Setelah dihaluskan, tempelkan daun kemangi pada kutil ini dan tutup dengan kain kasa. Agar hasilnya maksimal, praktikkan cara menghilangkan papiloma ini secara rutin selama satu atau dua minggu ke depan.

  3. Bawang Putih

    Bahan dapur ini akan membantu Anda menghilangkan papiloma di wajah. Kandungan allicin memberi bawang kemampuan menghancurkan enzim dan patogen.

    Untuk pengobatan bawang merah, caranya sederhana saja. Campurkan satu siung bawang putih dengan sedikit air. Dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat kutil. Lakukan pengobatan bawang putih secara rutin.

  4. Kulit pisang

    Kulit pisang ternyata bisa Anda gunakan untuk mengatasi kutil di wajah. Faktanya, hingga saat ini belum banyak yang mengetahui bahwa kulit pisang memiliki manfaat, termasuk dalam menghilangkan kutil. Kehadiran enzim proteolitik membuat pisang efektif menghilangkan papiloma.

    Cara menghilangkan papiloma sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan langsung kulit pisang pada bagian wajah yang terdapat papiloma. Allicin komponen utama bawang putih, memiliki efek mikroba yang bisa menghancurkan enzim patogen berbahaya.

    Untuk mengobati kutil melalui pemakaian bawang putih, haluskan 1 siung lalu campurkan air. Oleskan pada kutil dan tutupi menggunakan perban. Ulangi pemakaian tersebut tiga sampai empat minggu selama tiga hari. Anda bisa mengoleskannya langsung pada kutil atau dibuat jus kemudian dioles ke permukaan kulit.

  5. Nanas

    Nanas memiliki kandungan bromelain, campuran enzim yang mencerna protein. Bromelain dipercaya dapat menghilangkannya melalui larutan protein pada HPV. Meski ada beberapa data mendukung potensi efektivitas bromelain ini dalam mengobati masalah medis, tetapi belum ada penelitian ilmiah mendukung penggunaannya sebagai cara menghilangkan papiloma.

    Orang-orang telah melaporkan keberhasilan menghilangkan masalah tersebut menggunakan jus nanas dalam berbagai cara. Salah satu pilihannya adalah merendam kutil dalam jus nanas setiap hari. Teknik lainnya adalah dengan mengoleskannya setiap hari.

  6. Cantharidin

    Cara selanjutnya adalah penggunaan metode medis. Metode media yang pertama adalah metode cantharidin. Cantharidin merupakan metode pengobatan dilakukan menggunakan bahan kimia dengan bantuan dokter berpengalaman. Namun pengobatan ini menimbulkan rasa nyeri pada bagian wajah dimana letak benjolan tersebut dan tidak semua orang cocok dengan metode pengobatan ini.

    Cantharidin bekerja sebagai obat kutil dengan cara melepuh pada kutil di kulit sehingga lebih mudah dihilangkan. Cara menghilangkan papiloma melalui penggunaan obat kutil ini ialah oleskan pada area kutil. Biarkan hingga kering, lalu tutup menggunakan plester selama kurang lebih 4 hingga 6 jam.

    Kemudian lepaskan tambalannya dan basuh area kutil dengan sabun dan air hingga bersih. Lepuh terbentuk dalam 1-2 hari. Lepuh kemudian mengering selama beberapa hari berikutnya dan kutil pun terlepas. Dokter kemudian memotong lepuh dan kutil yang mati.

  7. Cryotherapy

    Cara menghilangkan papiloma selanjutnya ialah metode cryotherapy atau cryosurgery. Metode ini melibatkan penyuntikan atau pemberian nitrogen cair ke dalam kutil. Cara ini dilakukan sekitar dua hingga tiga minggu.

    Beberapa penelitian mengatakan pengobatan asam salisilat melalui terapi cryotherapy mungkin lebih efektif. Efek samping yang ditimbulkan dari metode cryotherapy antara lain nyeri dan kulit melepuh.

Selain itu, warna kulit juga bisa menjadi lebih terang atau gelap sehingga berbeda dengan warna kulit di sekitarnya melalui pengaplikasian cara menghilangkan papiloma secara rutin.