5 Destinasi Wisata Banda Aceh yang Paling Banyak Diminati

72 views 5:43 am 0 Comments November 30, 2023

Jangan salah, destinasi wisata Banda Aceh banyak dan memiliki pesona yang menakjubkan. Jika Anda berkunjung ke sana, sempatkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Seperti yang kita tahu, Aceh merupakan provinsi paling barat di ujung pulau Sumatera. Meskipun berada di ujung, Aceh tetap menawarkan berbagai destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan.

Baik wisata alam hingga air, semua tempat itu memiliki keindahannya masing-masing. Wisata di Banda Aceh tidak sedikit, jadi Anda harus punya banyak waktu untuk bisa menjelajahinya.

Namun jika waktu liburannya terbatas, kami punya lima saran tempat wisata terbaik untuk Anda. Tenang saja, setiap tempat wisata yang akan dikunjungi pasti bisa membuat Anda merasa takjub.

Mengenal 5 Destinasi Wisata Banda Aceh Terekomendasi

Banda Aceh memang terkenal dengan berbagai julukan salah satunya Provinsi Serambi Mekkah. Dari julukan tersebut, faktanya Aceh masih menyimpan banyak keindahan alam yang menawan.

Keindahan alam itu bisa kita nikmati dengan mengetahui dimana saja lokasi-lokasinya. Berikut ini ada lima destinasi wisata Banda Aceh yang kami rekomendasikan, jika Anda sedang berkunjung ke sana.

  1. Pantai LanagaJika ingin melihat pemandangan pantai yang indah, maka di sinilah tempatnya. Terlihat jajaran pasir putih disertai dengan air laut yang biru mengelilingi seluruh area pantai.

    Selain panorama pantainya yang indah, pengunjung juga bisa menikmati setiap wahananya. Total ada lebih dari tiga wahana yang bisa dinikmati seperti selancar, jetsky dan banana boat.

    Destinasi wisata Banda Aceh ini sering dijadikan sebagai tempat liburan para keluarga. Karena lokasi mudah diakses dan suasana pantainya asri, membuat wisatawan lokal menyukainya.

    Objek wisata pantai Lanaga sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas, jadi Anda tidak perlu merasa khawatir. Cukup nikmati saja keindahan panorama pantainya yang menakjubkan.

  2. Wisata Edukasi Penyu BelimbingKunjungi Gampong Rantau Sialang di Kecamatan Kluet Banda Aceh bagian Selatan, jika Anda ingin melihat kawasan konservasi penyu belimbing yang menarik dan memanjakan mata.

    Di sini Anda bisa melihat banyak tempat budidaya penyu Belimbing yang masih aktif. Kawasan konservasi penyu belimbing hanya ada dua di Indonesia, satu Aceh dan satunya Papua Barat.

    Jadi, Anda harus memanfaatkan kesempatan ini ketika mengunjungi Aceh Selatan. Destinasi wisata Banda Aceh yang memiliki keindahan alam disertai hewan eksotis hanya ada di sini.

    Terkadang penyu belimbing akan muncul pada musim tertentu saja. Oleh sebab itu, sebelum Anda pergi ke sana sebaiknya cari informasi dulu karena kawasan konservasi terbuka.

  3. Danau Laut TawarLanjut kita pergi ke daerah Aceh Tengah, dimana ada tempat wisata yang bernama danau laut tawar. Jangan salah, danau cantik ini terletak di dataran tinggi dengan luas 5.472 hektar.

    Kami menyebutnya cantik, karena panoramanya sangat indah dan memanjakan mata. Dengan adanya dua bukit yang mengapit danau, membuat suasananya tampak seperti negeri fantasi.

    Destinasi wisata Banda Aceh ini sangat direkomendasikan, jadi jangan lupa untuk mampir ke sana. Anda bisa menikmati suasana danau, memancing, bersantai atau mencari spot foto.

    Pada saat matahari terbit dan tenggelam, suasana danau terasa lebih menenangkan. Cobalah untuk menginap, karena Anda akan melihat sendiri bagaimana keindahan danau laut tawar.

  4. Pantai LampuukTepatnya berada di Desa Meunasah, Lhoknga Aceh Besar, ada satu destinasi bernama pantai Lampuuk. Pantai ini menawarkan pasir putih yang membentang sejauh lima kilometer.

    Seperti karakteristik pantai pasir putih pada umumnya, air laut tampak hijau kebiruan. Anda dapat menikmati keindahan alam dengan bersantai di gazebo atau pinggiran pantainya.

    Pantai Lampuuk memiliki ombak yang tenang, jadi aman jika Anda bermain air di sana. Saran kami saat mengunjungi destinasi wisata Banda Aceh tersebut, datanglah di sore hari.

    Matahari terbenam tampak memukau, karena pantai terletak di bagian barat pulau Sumatra. Jadi Anda akan melihat langsung bagaimana sinar matahari menyusuri bagian lain benua.

  5. Cagar Alam JanthoTerakhir, kunjungi cagar alam Jantho jika Anda ingin merasakan suasana dataran tinggi. Anda bisa melihat banyak flora dan fauna yang tersebar di tanah seluas 8.000 hektar.

    Untuk mengunjungi tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Aksesnya mudah, jadi tidak perlu khawatir jika Anda ingin menjelajahi seluruh kawasan reservasi yang ada.

    Cagar alam Jantho dilindungi oleh pemerintahan Aceh dan dianggap sebagai paru-paru dunia. Suasana alam yang hijau, asri, sejuk dan memesona dapat membuat kita merasa betah.

    Bagi para pecinta alam, Anda bisa berkemah di lokasi ini karena sudah disediakan tempatnya. Kawasan ini memang menakjubkan, karena keindahannya alami dan langsung dari alam.

Kelima destinasi wisata tersebut bisa dikunjungi ketika Anda sedang berada di Aceh. Tenang saja, semua akses jalannya mudah sehingga tidak akan buat kita kesulitan saat ingin pergi berlibur.
Sebagai provinsi paling barat di Indonesia, Banda Aceh masih menyimpan banyak tempat wisata. Jika Anda punya waktu, silakan kunjungi setiap destinasi wisata Banda Aceh tersebut.