iPad vs Samsung Tab, Lebih Baik Beli yang Mana?

256 views 5:37 am 0 Comments August 16, 2023

Memilih satu diantara dua produk unggulan memang bukanlah hal yang mudah. Namun, perbandingan iPad vs Samsung Tab akan membantu dalam membuat keputusan tepat. Kedua produk ini memiliki performa dan kualitas yang bagus dengan fiturnya masing-masing sehingga sulit untuk dipilih.

Terdapat aspek penting yang harus diperhatikan, yaitu kebutuhan. Apabila melakukan pertimbangan berdasarkan hal tersebut, kamu bisa lebih mudah untuk menentukan pilihan. Selain itu, ketahui spesifikasi detail dari produk yang akan dibeli terlebih dahulu untuk mengoptimalkan fungsi fiturnya.

Perbandingan iPad vs Samsung Tab

Setiap produk hadir dengan layanan fitur dan karakteristik yang berbeda sehingga memiliki daya tarik masing-masing. Namun jika kamu merasa bingung harus memilih antara Apple iPad vs Samsung Tab, sebaiknya mulailah untuk memperhatikan beberapa aspek terlebih dahulu.

Hal ini akan membantu kamu dalam memilih perangkat yang paling cocok. Meskipun produk Apple cukup populer, namun Samsung juga hadir dengan beragam fitur menarik yang memanjakan pengguna. Perhatikan aspek perbandingannya sebagai berikut.

  1. Desain
    iPad terkenal memiliki desain dengan konsep modern yang ramping. Tampilannya minimalis dengan bezel tipis serta satu tombol home. Tersedia beberapa pilihan warna, diantaranya Gold, Space Grey, dan Silver.Samsung memiliki desain yang juga modern, namun menawarkan lebih banyak fitur. Samsung Tab mempunyai bezel dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan iPad sehingga terasa lebih besar. Pilihan warnanya pun cukup menarik seperti Mystic Navy, Mystic Bronze, dan Mystic Black.
  2. Material Bahan
    Samsung Tab dan iPad dibuat menggunakan bahan berkualitas tinggi sehingga tahan lama. iPad dibuat menggunakan material utama batu tulis aluminium yang mampu memberikan kesan premium. Tablet Samsung menggunakan bahan kombinasi kaca dan logam.Untuk kualitas build, keduanya merupakan pilihan yang bagus. Namun, ini juga tergantung dari preferensi pribadi serta fitur yang dibutuhkan pengguna.
  3. Tampilan Layar
    Tablet Samsung menggunakan teknologi layar AMOLED yang mampu menawarkan warna hitam dengan lebih dalam. Tampilan warnanya terlihat lebih hidup sehingga nyaman di mata. iPad menggunakan teknologi True Tone Apple yang mampu menyesuaikan suhu warna layar sehingga lebih sesuai dengan pencahayaan sekitar. Hal tersebut dapat memberikan pengalaman menonton yang lebih alami dan nyaman.Untuk kecepatan responsif, keduanya sangat lincah sehingga memudahkan pengguna untuk multitasking. iPad memiliki ukuran yang lebih kecil dan bobot ringan dibandingkan dengan Samsung Tab. Dari segi tampilan layar iPad vs Samsung Tab mungkin cukup sulit untuk membandingkannya. Namun kamu bisa memperhatikan preferensi spesifik dan juga kebutuhan yang dimiliki.
  4. Performa
    Performa kedua perangkat ditenagai oleh chipset yang berbeda. iPad menggunakan chip Apple M2. Sedangkan Samsung Tab menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Untuk segi GPU, iPad memiliki GPU 8-core. Samsung Tab S8 Ultra mempunya GPU Adreno 730. Jika membahas kinerja secara keseluruhan, iPad memiliki performa yang lebih baik.
  5. Kapasitas Penyimpanan dan RAM
    Aspek ini tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kinerja perangkat. iPad Pro memiliki RAM 8 GB/ 16 GB dengan konfigurasi. Untuk ruang penyimpanan tersedia hingga 2 TB.Samsung Tab dilengkapi dengan RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan hingga 512 GB. iPad Pro tidak mempunyai slot kartu microSD sehingga kamu harus bijak dalam memilih kapasitas penyimpanan perangkat yang akan digunakan.
  6. Daya Tahan Baterai
    Aspek lain yang bisa jadi pertimbangan dalam iPad vs Samsung Tablet adalah daya tahan baterainya. Hal ini tentu cukup penting untuk dapat mendukung aktivitas yang dilakukan pengguna setiap harinya. Daya tahan pakai baterai iPad Pro adalah sekitar 10 jam.Sedangkan untuk Samsung Tab daya tahannya lebih lama yaitu hingga 12 jam. Namun, harus diketahui juga bahwa masa lamanya pemakaian baterai bisa bervariasi tergantung penggunaan serta faktor lainnya.
  7. Kamera
    Aspek fotografi menjadi pertimbangan prioritas utama, apalagi untuk kamu yang suka mengambil foto maupun merekam video. Tentunya sangat penting untuk mempertimbangkan kualitas kamera. iPad Pro memiliki kamera utama berukuran 12 MP dengan dukungan kamera ultra wide 10 MP.Samsung Galaxy Tab mempunyai kamera utama 13 MP serta kamera ultra wide 5 MP. Untuk aktivitas merekam video, iPad sudah mendukung resolusi 4K pada 60 frame per detik. Samsung Tab bisa merekam video dengan kualitas 8K pada 24 frame per detik. Namun, harus diperhatikan bahwa merekam video 8K banyak menghabiskan ruang penyimpanan perangkat. Untuk kamera selfie, iPad didukung dengan kamera ultra wide berukuran 12 MP.Samsung Tab memiliki kamera depan berukuran 8 MP. Keduanya memiliki fitur fotografi yang hampir serupa seperti mode malam, potret, dan lainnya. Namun, iPad Pro memiliki keunggulan fitur Center Stage yang mampu menstabilkan gambar saat konferensi video. Secara keseluruhan, kedua perangkat memiliki kualitas kamera yang mengesankan.

Review iPad vs Samsung Tab dapat menjadi bahan dasar yang bisa digunakan dalam pertimbangan ketika ingin membeli perangkat. Keunggulannya tentu berbeda, sehingga kamu harus berfokus terhadap kebutuhan dan dana anggaran yang dimiliki untuk dapat menentukan pilihan terbaik.